Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Diabetisi





Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering dialami para diabetisi. Nah pada kesempatan ini MinCan akan membahas mengenai upaya peningkatan kesehatan gigi dan mulut yang bisa dilakukukan oleh penderita diabetisi

Berikut hal-hal yang perlu dilakukan oleh penderita Diabetes Mellitus agar dapat menjaga atau mengupayakan supaya kesehatan rongga mulut tetap terjaga dengan baik :

1. Kontrol Gula darah secara rutin

Kontrol gula darah yang baik juga dapat membantu mencegah atau meringankan mulut kering yang disebabkan oleh diabetes

2. Menggunakan pembersih mulut anti bakteri

Pembersih mulut anti bakteri dapat didapatkan secara alami, yaitu dengan berkumur menggunakan air rebusan daun sirih.

3. Menggososk gigi dengan bulu sikat yang lembut

Menggosok gigi dengan sikat gigi yang lembut dapat merawat gigi dan gusi. Menggosok gigi dilakukan dengan rutin terutama setelah makan

4. Perbaiki pola hidup sehat, jauhi penyebab stress

Pola hidup yang sehat dapat menurunkan resiko terjadinya masalah kesehatan gigi dan mulut bagi diabetisi, dengan menjauhi penyebab stress maka kadar gula darah juga dapat terkontrol dengan baik.

Selain itu, diabetisi juga dapat memanfaatkan tanaman obat yang dapat digunakan sebagai obat herbal untuk kesehatan gigi dan mulut. Simak penjelasan berikut!

1. Air Garam

Air garam dapat menyeimbangkan pH dalam mulut sehingga bakteri sulit hidup. Berkumur dengan air garam juga terbukti mempercepat penyembuhan luka pada mulutdan meredakan nyeri

2. Serai

Serai sebagai zat antimikroba yang dapat mengobati infeksi mulut dan masalah gigi berlubang. Kandungan minyak atsiri juga mampu melawan bakteri penyebab masalah kerusakan gigi.

3. Daun Salam

Daun salam mengandung tanin yang bersifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat mengobati sakit gigi. Kandungan tanin dapat meningkatkan laju aliran saliva.

4. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji mengandung minyak atsiri yang dapat menghilangkan rasa sakit. Daun jambu biji juga mengandung antimikroba yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

5. Cengkeh

Cengkeh bersifat analgesik (penghilang rasa sakit) dan antibakteri. Hal ini membuat cengkeh dipercaya sebagai obat sakit gigi herbal yang ampuh

6. Daun Sirih

Rebusan daun sirih bersifat sabagai desinfektan dan anti jamur sehingga bisa digunakan sebagai antiseptik.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesehatan Rongga Mulut Diabetisi

Pelayanan Kesehatan Gigi di Puskesmas Purwoyoso